Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sejumlah bantuan untuk mendorong kemandirian warga pesisir dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

"Daerah ini sebagian besar desanya berada di wilayah pesisir, kami berharap melalui pendampingan para petugas, warga semakin inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, baik dalam bidang tangkap maupun budi daya," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Kamis.

Wilayah pesisir merupakan sebuah potensi yang cukup menjanjikan dan diyakini bisa meningkatkan perekonomian warganya jika dimanfaatkan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Guna memberikan motivasi kepada warga pesisir yang sudah masuk dalam kelompok nelayan, Pemkab Bangka Barat memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana penangkapan dan budidaya perikanan.

Bantuan yang disalurkan berupa kawat bubu, mesin perahu, perahu fiber, peralatan bagan apung, jaring kepiting, kotak pendingin kepada kelompok nelayan.

"Untuk kelompok pelaku budi daya kami serahkan bantuan berupa benih ikan kakap putih, bawal bintang, lele, benur udang galah, bandeng, kerapu cantik, dan kepiting soka," terangnya.

Selain bantuan benih, pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan juga menyalurkan bantuan pakan ikan, pakan udang, mesin cetak tepung, mesin cetak pelet, sarana dan prasarana budi daya udang vaname, cetak tambak bandeng dan lainnya.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para nelayan," ujarnya.

Bantuan yang disalurkan bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Barat dan dukungan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Perikanan Air Laut Lampung.

Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan perekonomian para nelayan dan para pelaku usaha budi daya perikanan.

"Kami berharap bantuan dimanfaatkan sebaik-baiknya agar bisa meningkatkan produksi dan produktivitas warga pesisir, kami juga mengimbau kepada para nelayan tangkap agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan agar kekayaan alam di daerah ini dapat diwariskan kepada generasi berikutnya," jelasnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019