Warga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias melihat Gerhana Matahari Cincin (GMC) di daerah itu.

Salah satu warga Toboali, Koko Agustian di Toboali, Kamis mengatakan jika dirinya berhasil mengabadikan momen GMC meskipun tidak sepenuhnya berbentuk lingkaran cincin.

"Karena kondisi cuaca mendung, saya dalam mengambil gambar tidak menggunakan filter dan menggunakan lensa saja tetapi beberapa waktu saya juga mengambil gambar dengan menggunakan filter," kata dia.

Ia mengatakan peristiwa langka ini berhasil diabadikannya kurang lebih berdurasi 20 menit. Momen yang paling baik berhasil didapat sekira pukul 12.31 Wib.

"Saya berhasil mendapatkan gambar yang cukup baik pada Pukul 12.31 WIB,"kata dia.

Salah satu warga Toboali lainnya, Ade Imanda mengatakan pada saat momentum gerhana matahari cincin ini dirinya bersama temannya mencari cara momen langka ini untuk diabadikan.

"Sempat pak saya tadi mengambil video namun tidak begitu jelas hasilnya. Ini peristiwa langka jadi saya terpacu untuk mengabadikan momen itu," kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprediksi Puncak Gerhana Matahari di Toboali akan mulai terlihat Pukul 10.38 WIB.

Sementara itu Puncak Gerhana Matahari akan mulai Pukul 12.34 WIB, berakhir Pukul 14.24 WIB dan lebih kurang akan berdurasi selama 3 jam 46 menit.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019