Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan bersama petani di Desa Kota Kapur, Kabupaten Bangka, memanen padi seluas 80 hektare sehingga dapat meningkatkan ketersediaan beras masyarakat di daerah itu.

"Kehadiran kami di sini untuk memberikan motivasi kepada petani agar mereka lebih semangat mengembangkan usaha pertanian," kata Erzaldi Rosman Djohan saat menghadiri panen raya padi di Desa Kapur, Jumat.

Meski diguyur hujan lebat, Gubernur yang didampingi Ketua Dekranasda Kepulauan Babel, Melati Erzaldi beserta rombongan tetap bersemangat memanen padi varietas lokal di desa itu.

"Saya ingin melihat langsung kondisi persawahan dan keluhan petani dalam mengelola serta mengembangkan usaha pertanian," ujarnya.

Menurut dia panen padi bersama petani ini tidak sekedar acara serimonial saja, tetapi salah satu upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung petani dalam meningkatkan produksi serta kesejahteraan keluarganya.

"Pemerintah provinsi pada 2020 akan membangun jalan produksi sepanjang empat kilometer, pembuatan saluran air, agar aliran air lancar mengairi sawah petani," katanya.

Selain itu, pemerintah provinsi juga akan memberdayakan ibu-ibu petani agar mereka dapat membuka usaha pengolahan makanan, kerajinan dan lainnya untuk mendukung ekonomi keluarga.

"Dengan pemberdayaan ibu-ibu ini, mereka dapat membantu keluarga untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Untuk itu, kami manfaatkan saluran air ini untuk membudidayakan udang," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019