Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berharap kepada PT. Timah dapat mengembangkan kampung reklamasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya menaruh harapan ke pihak PT. Timah untuk mengembangkan kampung reklamasi untuk dijadikan kawasan wisata yang produktif," kata wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Sungailiat, Kamis.

Menurutnya, reklamasi lahan bekas tambang biji timah selain mengembalikan lahan tersebut untuk kepentingan masyarakat namun juga memberikan dampak positif bagi penyerapan tenaga kerja.

"Ada beberapa lahan yang direncanakan PT. Timah untuk mengembangkan kampung reklamasi di Kabupaten Bangka selain kampung reklamasi di Desa Air Jangkang," jelasnya.

Syahbudin mengatakan, pengembangan kawasan reklamasi diyakini mampu mendorong meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

"Kampung reklamasi terbuka hijau sebagai sumber edukasi bagi pengunjung sehingga menambah nilai jual daerah sebagai salah satu objek wisata berbasis edukasi," jelasnya.

Dikatakan, pengembangan reklamasi yang dilakukan di sejumlah lahan bekas pertambangan selama ini dianggap belum maksimal dalam pemanfaatan edukasi kepada masyarakat.

"Saya memberikan apresiasi besar kepada PT. Timah yang telah melakukan reklamasi wisata dan diharapkan kegiatan serupa terus dikembangkan oleh perusahaan tersebut," kata wabup.




 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020