Sungailiat (Antara Babel) - Ketua KPU Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zulkarnain mengatakan, pelantikan anggota legislatif terpilih periode 2014-2019 diserahkan sepenuhnya kepada  pemerintah daerah setempat melalui instansi terkait.

"Kami hanya sebatas penyelenggara pemilu legislatif dan untuk jadwal pelantikan termasuk penetapan tempat diserahkan sepenuhnya ke pemerintah daerah setempat," katanya di Sungailiat, Selasa.

Menurutnya, dari sekitar 30 anggota dewan terpilih pada Pemilu Legislatif 2014 direncanakan dilantik bulan ini sesuai dengan jadwalnya. Hanya saja semuanya diserahkan ke pemerintah daerah melalui sekretaris dewan (sekwan) sebagai panitia pelaksana.

"Saya berharap pelaksanaan pelantikan anggota dewan terpilih nantinya berjalan lancar sesuai yang diharapkan bersama," kata Zulkarnain.

Dia mengatakan, dari sekitar 30 anggota legislatif terpilih Pemilu Legislatif 2014 masih terdapat sejumlah anggota dewan hasil pemilu legislatif sebelumnya.-
    
"Tidak semua anggota dewan terpilih pada  Pemilu Legislatif 2014 merupakan muka baru melainkan masih terdapat sejumlah anggota dewan hasil Pemilu Legislatif 2009, terutama partai politik yang lama," katanya.

Anggota legislatif yang akan dilantik nantinya, kata dia, adalah pilihan dan wakil rakyat yang akan menentukan pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.

"Kita semua harus mendukung anggota dewan terpilih, berikan kepercayaan sepenuhnya selama lima tahun ke depan bagi mereka dalam turun membangun daerah sesuai aspirasi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 di daerahnya berjalan lancar sesuai ketentuan dan tahapan KPU. Kalaupun ada kendala baik teknis maupun non teknis dapat diselesaikan sesuai ketentuan.

"Saya sebagai penyelenggara pemilu berterima kasih kepada seluruh pemilih yang menyampaikan hak pilihnya memilih wakil rakyat meskipun target angka partisipasi pemilih tidak mencapai yang ditetapkan hanya mencapai sekitar 69 persen dari target sebanyak 75 persen pemilih," kata Zulkarnain.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014