Basarnas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung penuh operasi Aman Nusa II 2020, Kabupaten Bangka guna memperlancar pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

"Kami mendukung penuh Operasi Aman Nusa II 2020 Kabupaten Bangka yang sudah terbentuk dengan melibatkan tim gabungan," kata Kepala Kantor SAR Provinsi Bangka Belitung, Fazzli di Sungailiat, Kamis.

Dukungan yang dilakukan pihaknya, kata dia, berupa personel SAR yang siap terjun kelapangan kapan saja termasuk dukungan ketersedian sarana.

"Personel SAR akan selalu siap kapan saja dan dimana saja untuk turun kelapangan membantu penanganan jika terjadi musibah bencana alam," jelasnya.

Potensi ancaman bencana alam terbesar pada saat musim penghujan kata dia, terjadinya banjir di sejumlah wilayah rawan banjir meskipun dengan kondisi banjir berbeda.

"Bagi warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan padat penduduk, agar tetap memerhatikan lingkungan serta segera mengangkat barang berharga ketempat lebih aman jika banjir datang," ujarnya.

"Kami tetap meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan tim terpadu disejumlah daerah untuk mengetahui kondisi daerah itu secara langsung," katanya menambahkan.

Dari prediksi BMKG, potensi hujan masih akan terjadi di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di wilayah Kabupaten Bangka sampai akhir April 2020 mendatang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020