Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membangun sinergi yang baik dengan para kepala desa, untuk memajukan desa di berbagai bidang.

"Peran BPD sangat kami harapkan untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan kepala desa dalam rangka memajukan pembangunan di berbagai bidang," ujarnya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pemerintahan desa merupakan ujung tombak dalam pembangunan terutama dalam rangka menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

"Pemkab Bangka Tengah mulai fokus membangun daerah yang dimulai dari desa, maka kami minta BPD dan kepala desa memiliki komitmen yang sama dalam menjalankan roda pembangunan," ujarnya.

Ia mengharapkan, BPD menjadi penyeimbang dan menjadi lembaga yang bisa mengingatkan pemerintahan desa dalam menjalankan program strategis.

"BPD mesti mendukung program pembangunan desa, juga memberikan masukan kepada kepala desa agar roda pemerintahan dan pembangunan berjalan dengan baik," ujarnya.

Ibnu Saleh juga menjanjikan akan menambah dana desa yang bersumber dari APBD bagi desa yang dinilai berhasil baik pengelolaan pemerintahannya maupun pembangunannya.

"Kepala desa silahkan berkreasi dalam program pembangunan, utamakan program pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020