Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin minta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memaksimalkan pengelolaan arsip yang handal menuju "Bangka Smart city" dan "Be a Star".

"Pengelolaan kearsipan yang benar-benar maksimal sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan informal sekaligus percepatan visi dan misi 'Bangka Setara'," kata wabup di Sungailiat, Selasa saat membuka sosialisasi kearsipan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informal sekaligus percepatan Bangka setara menuju "Bangka Smart city" dan "Be a Star" .

Dikatakan dia, di setiap OPD harus ada pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah "Arsiparis", termasuk petugas pengelola arsip yang handal, trampil, ulet, dan tetap sesuai undang undang kearsipan.

"Pelayanan informal pemerintah Kabupaten Bangka, harus meningkat dan dapat mendukung mempercepat 'Bangka Setara' menuju 'Bangka Smart City'," katanya.

Menurutnya, ada empat pilar pendukung dalam penyelenggaraan kearsipan yang harus dimiliki yakni, tata naskah dinas (TND), kode klasifikasi arsip, sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis dan jadwal retensi arsip.

mempelajari empat pilar kearsipan adalah hal yang sangat penting dalam pengelolaan arsip, karena dengan pengelolaan yang baik, arsip akan memiliki nilai guna.

"Tata kelola kearsipan yang baik akan mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik," katanya.

Dikatakan, pengelolaan kearsipan yang handal juga dapat membangun birokrasi yang baik, efisien, efektif dan produktif, lalu birokrasi yang transparan dan akuntabel," jelas wabup.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020