Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dibawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menggelar aksi bersih sampah di sejumlah tempat umum daerah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bangka, Meina Lina di Sungailiat, Minggu mengatakan, aksi bersih sampah dengan melibatkan TNI, Polri dan lembaga lainnya sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di tempat umum.

"Aksi bersih sampah dipusatkan di daerah kawasan padat penduduk seperti Lingkungan Nelayan, pantai Matras Sungailiat dan dijadwalkan akan melakukan aksi yang sama di kawasan Bukit Maras," jelasnya.

Menurutnya, gerakan aksi bersih sampah sesuai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 yang mengusung tema Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera.

"Aksi bersih sampah sesuai tema tersebut, lebih ditekankan pada upaya membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan," tambahnya.

Dia mengakui, masih terdapat sejumlah masyarakat yang kurang peduli menjaga kebersihan seperti membuang sampah sembarangan, padahal tempat sampah sudah disediakan.

"Saya melihat masih terdapat sejumlah masyarakat yang membuang sampah bukan pada tempatnya, padahal kotak sampah sudah disediakan," kata Meina Lina.

Pada peringatan HPSN 2020, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memulai pengurangan menggunakan plastik guna melestarikan alam.

"Pengurangan penggunaan plastik menjadi prioritas yang harus diperhatikan, mengingat bahan plastik sulit atau bahkan lama terurai," lanjutnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020