Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat ada 12 satuan kerja (satker) berkinerja baik selama semester II 2019.

"Dari 300 satker yang ada di Babel, ada 12 satker yang kinerjanya terbaik. Ini diukur dari indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA)," kata Kepala Kanwil DJPb Babel, Alfiker Siringoringo, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dalam kegiatan penyerahan penghargaan kepada satker terbaik ini, Kanwil DJPb Babel bersama KPPN Pangkalpinang juga mendiskusikan langkah strategis pelaksanaan anggaran.

"Pelaksanaan APBN di Babel sudah cukup bagus, jika dilihat dari IKPA nilai kita rata-rata mencapai 96,3. Meski begitu, ini belum cukup mengangkat prestasi kita karena di provinsi lain ada IKPA nya yang mencapai 100," ujarnya.

Menurut Alfiker, dari indikator yang baik itu menunjukkan proses pelaksanaan anggaran yang baik. Dan Kanwil DJPb Babel bersama pihak terkait terus berupaya mempersiapkan langkah strategis untuk perbaikan kualitas anggaran.

"Kita harap satker terbaik ini menjadi tolak ukur qgar satker lain terus berlomba-lomba menaikkan nilai IKPA nya hingga mencapai 100. Dengan begitu, kita menggambarkan pelaksanaan anggaran yang baik di Babel," ujarnya.

Beberapa satker terbaik dari instansi vertikal dengan pagu anggaran Rp 2,5 miliar sampai Rp 10 miliar yang mendapat penghargaan, yakni Kanwil DJPb Babel, stasiun karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, MTS Negeri 1 Bangka, BPS Kabupaten Bangka selatan dan lapas suungailiat.

Untuk satker terbaik instansi vertikal, pagu diatas Rp 100 juta soal Rp 2,5 milyar yakni, Kanwil Hukum dan HAM Babel, Pengadilan negeri Pangkalpinang, BNN Kabupaten Bangka selatan, Pengadilan Negeri Sungailiat-Bangka.

Satker terbaik instansi vertikal, pagu diatas Rp 10 miliar yakni, Perwakilan BPKP Babel, BKKBN Babel, Pengadilan Tinggi Babel, BPS Babel dan Universitas Bangka Belitung.

Sedangkan untuk satker DK/TP terbaik yang pagu anggarannya diatas 100 juta, yakni BP4D Babel, Dinas Pekerjaan Umum Babel, Dinas Kesehatan Babel dan Dinas Pertanian Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020