Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh berharap Kelompok Wanita Tani (KWT) mampu menjadi motor penggerak tanaman sayur keluarga.

"Tentu keberadaan KWT ini sangat penting menjadi penggerak dan pemberi motivasi bagi kalangan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan kosong ditanami tanaman sayur, dalam rangka memenuhi konsumsi keluarga," ujarnya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, KWT sudah terbentuk hampir di setiap desa dan mereka begitu bersemangat membudidayakan tanaman sayur-mayur dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah.

"Tentu saja kami mengharapkan KWT tidak hanya sebatas membudidayakan saja, tetapi berpikir bagaimana produksinya mampu memenuhi konsumsi keluarga," ujarnya.

Ia berharap tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, tetapi diharapkan terus dikembangkan usaha-usaha yang memang bisa menambah pendapatan keluarga.

"Tidak hanya memenuhi konsumsi saja, tapi ke depan berpikir bagaimana menambah pendapatan keluarga sehingga semakin sejahtera," ujarnya.

Ia meminta dinas terkait menyiapkan penyuluh khusus untuk mendampingi para ibu rumah tangga yang tergabung dalam KWT.

"Saya minta ada penyuluh khusus mendampingi KWT, sehingga mereka benar-benar lebih profesional dan memiliki peluang ekonomi yang cukup menjanjikan ke depannya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020