Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan Indonesia dinilai lahan empuk bagi peredaran narkoba di Asia Tenggara yang akhir-akhir ini peredarannya semakin marak.

"Bahkan peredaran narkoba ini juga sudah menyentuh kalangan prajurit TNI dan keluarganya" ujar Fadhilah dalam sambutannya pada acara sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan,Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Wilayah Kodam I/BB di Makodam I/BB, Medan, Selasa.

Ia mengatakan perlu upaya preventif dan antisipatif untuk melindungi Prajurit TNI, khususnya keluarga besar Kodam I/BB dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik secara kuantitas maupuan kualitas.

Kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba bagi Prajurit maupun PNS dan keluarganya.

"Sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya cegah tangkal terhadap berbagai cara yang dilakukan oleh para bandar narkoba yang berusaha memanfaatkan Anggota TNI maupun keluarganya dalam penyalahgunaan maupun peredaran narkoba, baik secara langsung maupun tidak langsung," ujar jenderal bintang dua itu.

Menurut Fadhilah, akibat ulah sindikat narkoba yang terus menerus berusaha menggerogoti bangsa ini dengan bisnis narkobanya, telah mampu menembus segala lini, termasuk jajaran TNI. Tidak berlebihan jika negeri ini berada dalam status darurat narkoba.

Maraknya peredaran dan penggunaan narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan, tidak hanya kalangan orang dewasa yang menjadi sasarannya, namun juga anak-anak. Penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI baik sebagai pengguna, apalagi sebagai pengedar merupakan salah satu dari pelanggaran berat yang harus dihindari prajurit dan keluarga.

"Beberapa oknum anggota TNI di jajaran Kodam I/BB yang diduga sebagai pemakai dan pengedar narkoba, sudah banyak yang diberhentikan dengan tidak hormat dari dinas keprajuritan," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Kegiatan tersebut dihadiri Aspam Kasad Mayjen TNI Widodo Iryansyah beserta rombongan, dan diikuti Kasdam I/BB, Irdam, Asrendam, para Asisten Kasdam I/BB, PNS Kodam I/BB, dan Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020