Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan pencocokan data pemilih untuk persiapan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Pencocokan data pemilih ini sebagai persiapan kami dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati, kami berharap masyarakat ikut mendukung dalam pendataan," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Mentok, Kamis.

Menurut dia, pencocokan data pemilih dengan mendatangi langsung para pemilih di seluruh desa tersebut untuk memastikan warga yang sudah memiliki hak pilih agar terdata dalam data pilih.

"Kami ingin melakukan pendataan ulang untuk menampung para pemilih pemula, pensiunan TNI/Polri, warga pindah jiwa dan lainnya agar mereka bisa dimasukkan dalam data pilih," katanya.

Untuk menyukseskan kegiatan pencocokan dan penelitian tersebut, dalam waktu dekat KPU akan melakukan rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang akan bertugas di seluruh TPS di daerah itu.

Jumlah PPDP yang akan direkrut sebanyak 400 orang sesuai dengan jumlah TPS di enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat.

"Para PPDP nantinya akan mendatangi langsung rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan ulang, untuk itu kami harapkan peran serta masyarakat untuk mendukung kegiatan pendataan itu dan memastikan masuk dalam data," katanya.

Tahapan pendataan dan pencocokan pemilih akan dilaksanakan mulai 18 April hingga 17 Mei 2020.

"Kami juga masih menunggu data dari Disdukcapil terkait data penduduk potensial pemilih yang nantinya akan menjadi data awal untuk ditetapkan menjadi data pemilih sementara," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020