Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan sebanyak 750 masker secara gratis kepada pengunjung maupun pasien di rumah sakit di wilayah Kota Pangkalpinang, Jumat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dokter Masagus Hakim, mengatakan pembagian masker tersebut dilakukan di dua titik rumah sakit yaitu RSBT dan RSUD Depati Hamzah.

"Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian Pemkot Pangkalpinag terhadap masyarakat Kota Pangkalpinang. Semenjak wabah Corona, ketersedian masker saat ini sangat sulit," katanya.

Ia mengatakan, sekarang Pemkot Pangkalpinang tampil sekaligus membagikan masker ini hanya kepada pengunjung maupun pasien di rumah sakit.

"Namun, masker ini tidak bisa dibagikan kepada semua penduduk di Kota Pangkalpinang hanya dibagikan kepada pengunjung dan pasien," ujarnya.

Selain pembagian masker, Pemkot Pangkalpinang juga membagikan poster berupa himbauan terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Selain itu kata Dia, pihaknya juga akan membekali bidan-bidan di kelurahan yang ada di pelabuhan dengan alat termometer pengatur suhu.

"Ini gunanya supaya orang-orang di pinggiran pelabuhan bisa tahu jika ada orang masuk, langsung dicek suhu tubuhnya," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat serta melakukan pola makan dengan sehat.

"Hindari tempat-tempat keramaian jika itu tidak penting," ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro berharap virus corona tidak menyebar ke wilayah Kota Pangkalpinang ataupun Bangka Belitung.

"Masyarakat harus selalu waspada. Jangan panik, harus jaga kesehatan tentunya, baik itu kesehatan sendiri maupun kesehatan dilingkungan," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020