Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjamin integritas dan netralitas anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) yang sudah diseleksi serta dilantik untuk menghadapi pilkada 2020.

"Mereka yang terpilih dan dilantik sudah melalui proses seleksi yang sangat ketat, kami jamin integritasnya," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Sabtu.

Hal itu dikemukakannya saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan terkait adanya kekhawatiran warga terhadap netralitas anggota PPK.

"Ada beberapa tahapan seleksi yang mereka lewati, termasuk tahapan tanggapan publik terkait dengan rekam jejak anggota PPK," ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan verifikasi administrasi dan termasuk juga melakukan pendeteksian terhadap anggota PPK yang dimungkinkan berafiliasi dengan partai politik.

"Namun demikian, tentu kami tetap menerima masukan dari berbagai kalangan terkait dengan rekam jejak anggota PPK," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pihak KPU terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Bawaslu Bangka Tengah sebelum menetapkan sebanyak 18 anggota PPK untuk enam kecamatan.

"Kami juga terus memantau perkembangan kinerja PPK dan meminta menjalin komunikasi serta koordinasi dengan pihak kecamatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020