Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berupaya melestarikan olahraga tradisional yang mulai tergerus kemajuan teknologi, termasuk dengan menggelar festival yang mempertandingkan berbagai jenis olahraga tradisinal.

"Kami berharap generasi muda selalu menjaga marwah seni budaya olahraga tradisional yang merupakan warisan nenek moyang bangsa," kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah usai membuka Festival Olahraga Tradisional (FOT) di Manggar, Selasa.

Ia mengatakan, FOT tahun ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari Kontingen Pangkalpinang 25 orang, Kabupaten Bangka 25 orang, Bangka Selatan 22 orang, Belitung 23 orang, Bangka Tengah 21 orang, Bangka Barat 14 orang, dan Kontingen Kabupaten Belitung Timur 20 orang.

"Saya merasa senang dan bangga berada di tengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa, karena mereka merupakan  generasi penerus yang akan menjaga, memelihara, mewarisi, dan meneruskan warisan seni dan budaya, salah satunya dengan melalui FOT," ujarnya.

Menurut dia, pewaris yang bijak adalah pewaris yang bisa menjaga dan memelihara warisan tersebut secara bijak yang mayoritas berasal dari kalangan generasi muda.

"Warisan budaya ini harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus. Oleh sebab itu, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing," katanya.

Wagub Babel Abdul Fatah mendorong seluruh peserta FOT untuk bertanding dan menunjukkan olahraga tradisional dengan serius dan benar sehingga dapat menimbulkan kebanggan, termasuk menjadi juara.

Wakil Bupati Belitung timur, Burhanudin mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan FOT dan telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan FOT.

"Selamat datang kepada seluruh kontingen di 'Negeri 1001 Warung Kopi'. Selaku tuan rumah, kami berkomitmen akan memberikan yang terbaik bagi kontingen seluruh peserta FOT," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020