Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Umardani melakukan peninjauan  untuk mengetahui kesiapan pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat tahun 2020.

"Kami berharap seluruh elemen menjaga soliditas dan komunikatif agar pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan lancar, aman dan demokratis," kata Wakapolda Babel Kombes Umardani saat berkunjung di Mentok, Selasa.

Peninjauan persiapan pengamanan pilkada dilakukan Wakapolda bersama rombongan dengan mengunjungi Polres dan KPU Kabupaten Bangka Barat.

Meskipun saat ini penyelenggara Pemilu masih melaksanakan berbagai tahapan Pilkada 2020, namun pihaknya tetap menjalin komunikasi dan koordinasi agar tahapan yang dijalankan berjalan aman.

"Kami tetap melakukan persiapan dan koordinasi, baik di tingkat polres maup jajaran, kami juga masih melakukan persiapan personel yang nantinya akan terlibat dalam pengamanan pesta demokrasi tersebut," kata Wakapolda.

Selain persiapan personel, kata dia, Polres Bangka Barat juga sedang melakukan pemetaan awal kerawanan Pemilu yang nantinya akan dijadikan dasar pola pengamanan yang dibutuhkan.

"Sampai saat ini masih cukup aman dan terkendali, belum ada reaksi-reaksi atau dinamika yang begitu berarti," ujarnya.

Menurut dia, naiknya suhu politik biasanya terjadi menjelang pelaksanaan pencoblosan, baik situasi di dalam proses penyelenggaraan maup di tengah masyarakat.

"Pemilu sifatnya terbuka dan demokratis, tentunya banyak orang atau kelompok yang nantinya bisa menciptakan situasi kondusif atau tidak," katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan menjelaskan, kunjungan Wakapolda Babel baru sebatas koordinasi terkait persiapan KPU Bangka Barat dan kesiapsiagaan Polres Bangka Barat dalam persiapan pengamanan.

"Kami telah siapkan personel yang terlibat dalam Gakumdu, dan sudah kita arahkan untuk penyidik. Intinya kita nanti siap berkolaborasi dalam pengamanan dan bersama-sama mengawal Pilkada 2020," kata Adenan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020