Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan sadar bersih laut 2014 guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya laut bagi kehidupan dan perekonomian di daerah itu.

"Melalui gerakan sadar menjaga kebersihan laut diharapkan mampu meningkatkan kemakmuran bahari dan masyarakat pesisir," ujar Kepala DKP Babel, Syaifudin di Pantai Air Anyir Kabupaten Bangka.

Ia menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Air Anyir itu diikuti peserta dari siswa SMP dan SMA di Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

"Masyarakat yang peduli dan mampu menjaga kebersihan laut berarti sudah membantu menyukseskan program pemerintah," ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah menjadikan sektor pariwisata sebagai program utama dalam menggali dan menggerakkan sektor bahari dan sektor kreatif bidang kelautan guna menyejahterakan masyarakat.

"Melalui kegiatan tersebut juga memupuk kepedulian masyarakat terhadap kebersihan laut sehingga mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menikmati pantai di Babel," ujarnya.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Nusantara ke-15 dan dilaksanakan diseluruh Indonesia dan puncak acara akan digelar di Kalimantan Selatan pada 13 Desember 2014.

"Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Nusantara dan dilaksanakan rutin setiap tahun karena merupakan program pusat," ujarnya.

Ia mengatakan, selain membersihkan pantai, kegiatan itu juga disertai dengan penyerahan alat kebersihan seperti sapu, tempat sampah dan perlengkapan kebersihan lainnya kepada beberapa peserta dan penjaga pantai.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah, Staf Ahli Energi dan Pertambangan Setdakab Bangka, Ropiko dan para tamu undangan lainnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014