Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan segera menyalurkan bantuan sebanyak 18 unit tenda kepada para pedagang kaki lima (PKL) berlokasi di kawasan Mercusuar Tanjung Kalian, Muntok.

"Kami harapkan bantuan tenda beserta meja dan kursi plastik ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha PKL sekaligus mendukung pariwisata di lokasi itu," ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan KM Kabupaten Bangka Barat Hrus Warsito di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, bantuan sebanyak 18 set berupa tenda, meja dan kursi kepada PKL itu merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu perkembangan usaha kecil yang dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten 2014.

"Nilai anggaran sekitar Rp100 juta, saat ini masih dalam tahap lelang, kami harapkan dalam waktu dekat sudah bisa disalurkan kepada pedagang di lokasi itu," kata dia.

Ia mengatakan, sebanyak 18 unit usaha yang akan diberi bantuan tersebut adalah usaha warga yang berada di lokasi tersebut hasil pendataan pengurus kelompok PKL bersama pihak navigasi Menara Suar Tanjung Kalian yang dilakukan pada tahun lalu.

Menurutnya, bantuan kepada PKL itu dilakukan agar salah satu lokasi wisata andalan di Kota Muntok itu bisa tampil lebih rapi, cantik dan seragam sehingga mampu menumbuhkan persaingan usaha yang lebih sehat.

"Kami harapkan dengan adanya bantuan tersebut bisa lebih menghidupkan ekonomi warga di lokasi itu dan tentunya kami berharap agar mereka menjaga bantuan agar tidak lekas rusak atau dipindahtangankan," kata dia.  
    
Selain itu, diharapkannya para pedagang di lokasi itu juga semakin merasa memiliki objek wisata tersebut sehingga peduli terhadap keindahan, kenyamanan dan kebersihan seluruh kawasan wisata itu.

"Nanti penempatannya tetap di lokasi sebelah kiri dan kanan menara suar, seperti yang direkomendasikan pihak navigasi, kami harapkan melalui bantuan ini usaha warga semakin berkembang seiring meningkatnya kenyamanan di lokasi itu," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014