Dalam rangka memastikan instruksi yang telah dikeluarkan terkait upaya percepatan penanganan COVID-19, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melaksanakan Video Conference (Vicon) bersama Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan bupati/wali kota beserta Forkopimda se-Babel, di Ruang Tribrata Polda Kepulauan Bangka Belitung, Senin (23/3/20).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan vicon dilaksanakan untuk menyamakan persepsi, menyamakan kesepahaman dengan kabupaten/kota agar apa yang dilaksanakan ini benar-benar masif secara bersama-sama. 

Gubernur Erzaldi bersama forkopimda melalui vicon ini membahas beberapa petunjuk dalam mengangani COVID-19. "Kita patut bersyukur sampai saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak ada yang positif, namun demikian kita harus terus waspada dan berupaya mencegahnya," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi melalui surat instruksi yang telah dikeluarkannya terkait percepatan penanganan COVID-19, memastikan instruksi tersebut dapat dilaksanakan oleh bupati/wali kota se-Kepulauan Babel dan mendapat dukungan dari forkopimda.

Beberapa arahan dalam instruksi tersebut antara lain adalah agar kabupaten/kota menjalankan instruksi presiden berkenaan dengan rekofusing kegiatan dengan realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Dalam realokasi anggaran tersebut harus berkonsolidasi dan mendapat pendampingan dari BPKP, kepolisian, dan kejaksaan. Perubahan anggaran ini diharapkan dapat menguatkan satu sama lain.

"Tentunya Instruksi Presiden menjadi dasar kita semua. Kami berharap kabupaten kota dapat melaksanakan ini segera. Untuk di Pemprov. Bangka Belitung, kami sudah melaksakan hal tersebut bersama DPRD dan berkonsolidasi dengan BPKP, Kepolisian, dan Kajati sehingga menjadi aman," ungkapnya.

Instruksi lain adalah tentang penanganan fasilitas umum. Pihaknya menginstruksikan untuk meniadakan atau mengurangi seluruh kegiatan bersifat keramaian. Kegiatan keagamaan ataupun event apapun itu yang bersifat keramaian untuk ditiadakan. Bahkan Pemprov Babel akan meniadakan kegiatan Safari Ramadhan dan Open House Lebaran untuk tahun ini. Tanpa mengurangi iman dan taqwa kepada Allah Swt, Kegiatan akan digantikan secara online dengan menghadirkan beberapa pemuka agama. Kegiatan lain seperti ritual Ceng Beng agar dilaksanakan secara pribadi di rumah masing-masing. Gubernur Erzaldi meyakinkan instruksi ini untuk bersama-sama masif dilakukan.

"Kebijakan ini kita ambil semata mata untuk menyelamatkan umat manusia. Kita ambil sedikit kebebasan masyarakat kita. Kita jelaskan bersama-sama agar yang tidak mengerti tentang bahaya COVID-19 ini jadi mengerti," ungkapnya.

Berkenaan kondisi ekonomi Bangka Belitung dan bangsa yang sekarang sedang menurun, Gubernur Erzaldi mengajak bupati/wali kota se-Babel untuk memperhatikan UMKM. Sesuai pengalaman saat krisis moneter, UMKM adalah yang paling kuat dalam menopang perekonomian masyarakat. 

Pihaknya meminta perhatian khusus kepada bupati/wali kota agar terhadap UMKM dan pertanian, dengan realokasi anggaran dalam rangka memperkuat UMKM. Karena 60 persen dari para umkm saat ini tidak aktif. Hal ini disebabkan karena kunjungan wisatawan yang pasti berkurang dan bisnis paling terkena adalah hotel, UMKM, dan penerbangan.

Gubernur Erzaldi juga meminta memperkuat tugas Satgas Pangan. Satgas Pangan bersama dengan TNI/Polri diharapkan hadir di pasar-pasar untuk memastikan harga tidak melebihi yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak menjadi panik dan tetap terjadi kestabilan harga, sehingga ekonomi Bangka Belitung tetap mampu bertahan. 

Vicon ini diikuti Forkopimda kab/kota se-Babel dan Tim Gugus Tugas serta Kepala Puskesmas Kab/Kota se-Babel, Polres Kab/Kota se-Babel, Sekda, dan Kalakhar BPBD dan Kadinkes.

Pada kegiatan ini juga dilakukan Pembacaan Seruan Bersama oleh Gubernur Erzaldi Rosman dan Forkopimda Babel, dilanjutkan penandatanganan bersama upaya bersama cegah COVID-19.

Hasil dari vicon dengan para bupati/wali kota ini juga akan menjadi laporan yang akan disampaikan kepada Presiden RI dalam Vicon dengan seluruh Gubernur se-Indonesia, esok hari.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020