Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menegaskan bagi masyarakat yang sehat tidak perlu menggunakan masker, karena dapat memicu kelangkaan masker di daerah itu.

"Saat ini ketersediaan masker semakin berkurang dan sulit diperoleh," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono Susanto di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Gubernur Babel fokus pikirkan solusi pemberitaan "Lockdown"

Ia mengatakan masker ini hanya diperuntukan bagi orang-orang terpapar virus corona, tenaga medis dan pasien rumah sakit atau masyarakat yang kurang sehat berpotensi terpapar COVID-19.

"Ini perlu disampaikan bahwa masyarakat sehat tidak perlu menggunakan masker, sehingga pemakaian alat pelindung mulut dan hidung tidak menjadi salah di masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Babel usulkan tutup sementara akses penerbangan dan kapal laut hingga 6 April

Menurut dia memakai masker ini untuk menghambat air liur, batuk, flu tidak keluar kemana-mana dan tidak menularkan ke orang lain.

"Saat ini saya memakai masker, karena sering mengunjungi rumah sakit untuk memastikan pelayanan dan kesiapan rumah sakit melayani pasien dalam pengawasan COVID-19," katanya.

Baca juga: Gubernur Erzaldi tegaskan pejabat publik jangan buat masyarakat Babel resah

Oleh karena itu, saya menegaskan bagi orang sehat tidak perlu menggunakan masker agar orang-orang yang membutuhkan alat pelindung mulut mudahkan mendapatkannya.

"Saat ini ketersediaan masker di rumah sakit kurang, sehingga tenaga medis dan pasien di rumah sakit ini dapat terpapar COVID-19 ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020