Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama TNI AL daerah itu memperketat kapal penumpang dari Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

Melalui siaran pers di Sungailiat, Minggu, Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono mengatakan, memperketat masuknya penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Gudang, sebagai upaya pencegahan virus COVID-19.

"Penumpang yang masuk melalui pelabuhan penyeberangan tersebut diwajibkan disemprot dengan cairan desinfektan termasuk barang bawaannya," jelasnya.

Sepertinya halnya pemeriksaan bagi delapan orang kapal penumpang  KM. Bukit Raya dari Tanjung Priok, Jakarta ke Pelabuhan Belinyu, Jumat (27/3) lalu, semua penumpang yang turun harus mengikuti prosedur pencegahan COVID-19.

"Tidak hanya penumpang turun dari kapal yang harus disemprot desinfektan, namun barang bawaannya dan juga  penumpang yang hendak naik kapal dilakukan penyemprotan yang sama," katanya.
   
Sterelisasi penumpang dilakukan oleh pihaknya dengan mengukur suhu tubuh bagi penumpang yang turun maupun naik kapal.

"Penumpang yang turun tidak diperbolehkan langsung pulang, tetapi terlebih dahulu dilakukan pendataan termasuk riwayat perjalanan selama berada di Jakarta," jelas kapolres.

Dikatakan, guna mempermudah pemantauan penumpang yang masuk di wilayah Kabupaten Bangka, tim gugus pencegahan COVID-19 memberikan kartu kuning bagi delapan penumpang yang turun.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020