Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok di sejumlah pasar di daerah itu.

"Selain untuk mengetahui ketersediaan barang, kegiatan ini juga untuk mendapatkan informasi harga jual sejumlah bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Kamis.

Menurut dia, selama ini persediaan bahan pokok di daerah itu masih cukup aman dan secara keseluruhan tidak ada lonjakan harga barang, kecuali beberapa bahan yang memang secara nasional mengalami sedikit kenaikan.

Pemeriksaan barang dan harga dilakukan para personel Satuan Sabara dan Unit Inafis Satuan Reskrim di sejumlah pasar di daerah itu, terutama di Pasar Mentok.

"Selain di pasar, kami juga melakukan pengecekan stok dan harga di sejumlah toko dan minimarket," katanya.

Ia menjelaskan, untuk barang-barang pangan pokok, seperti beras, minyak goreng, gandum, mi instan, susu dan lainnya masih dalam harga normal, sedangkan gula pasir dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan dari Rp13.000 menjadi sekitar Rp18.000 per kilogram.

"Kami juga melakukan imbauan agar para pemilik toko dan minimarket untuk menyediakan tempat cuci tangan bagi para pengunjung yang akan berbelanja," katanya.

Adenan mengatakan, tujuan pemantauan tersebut untuk mengontrol ketersediaan sembako di pasar dan minimarket guna menghindari adanya kemungkinan penimbunan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020