Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) meninjau langsung kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 di Desa Deniang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Forkopimda yang ikut meninjau kegiatan itu, Selasa di Riau Silip, yakni Bupati Bangka Mulkan, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin dan Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono serta Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar termasuk sejumlah kepada organisasi perangkat daerah.

Dandim 0413 Bangka, Kolonel inf Pujud Sudarmanto mengatakan, kegiatan TMMD ke-107 tahun 2020 dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020 dengan melibatkan puluhan personel TNI AD, TNI AL dan masyarakat setempat.

"Kegiatan TMMD ke-107 yakni pembangunan jalan sepanjang delapan kilometer yang menghubungkan Desa Deniang Kecamatan Riau Silip ke Desa Matras Kecamatan Sungailiat," jelasnya.

Dengan dibangunnya jalan tersebut kata dia, mempercepat akses masyarakat di kedua wilayah tersebut dimana sebelum dibangun jalan itu jarak tempuh mencapai 20 kilometer.

"Selain membangun jalan pintas, kegiatan TMMD ke 107, juga membangun tiga unit jembatan, gorong-gorong lima buah, lapangan bola voli, pos kamling dan jamban," jelasnya.

Menurutnya, selain melakukan kegiatan fisik, dalam.kegiatan TMMD ini juga melakukan kegiatan nonfisik yakni penyuluhan bahaya narkoba, bahaya penyebaran penularan wabah COVID-19 dan wawasan kebangsaan.

Kegiatan TMMD di Kabupaten Bangka ke-107 tahun 2020 kata Dandim, merupakan usulan dari pemerintah daerah yang mendapat dukungan dari masyarakat.

"Dengan adanya jalan pintas dengan jarak tempuh relatif singkat dari akses jalan sebelumnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu," katanya.

Menurutnya, kegiatan TMMD ke-107 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia di 50 kabupaten atau kota, sedangkan Korem 045 Garuda Jaya kegiatan TMMD di pusatkan di Kabupaten Bangka.

TMMD bertujuan mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan sarana dan prasarana, khususnya di daerah terpencil dan terisolasi.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020