Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuslih Ihza memberikan apresiasi kepada warganya yang selalu patuh terhadap imbauan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

"Sampai saat ini Belitung Timur masih zona hijau penyebaran COVID-19, namun kami tetap mengimbau warga tetap waspada dan jangan terlena," ujarnya di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan, Belitung Timur merupakan satu-satunya kabupaten yang belum terpapar COVID-19 karena pemerintah dan masyarakat terus berjuang melawan virus tersebut.

"Hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 28 kasus warga positif terjangkiti virus COVID-19, termasuk Kabupaten Belitung yang berbatasan dengan Belitung Timur," ujarnya.

Yuslih mengatakan, meski Belitung Timur berstatus hijau atau tidak ada kasus positif COVID-19, namun tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu status dapat berubah.

"Apalagi saat ini Kabupaten Belitung Timur masih ditetapkan sebagai Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat COVID-19," jelasnya.

Ia mengatakan, risiko perubahan status itu bisa terjadi kapan saja dan meski hijau tetap harus terus dijaga dan menerapkan protokol yang sudah ada.

"Pengawasan dan pemantauan ketat tetap dilakukan, terutama terkait dengan potensi warga yang berkumpul baik di warung kopi maupun tempat lainnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020