Harga ayam potong di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, naik menjelang Lebaran dari Rp35 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per klilogramnya.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani mengatakan kenaikan harga ayam potong disebabkan oleh menigkatnya permintaan menjelang Lebaran.

"Selain itu kenaikan juga dipengaruhi oleh stok ayam potong yang terbatas," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia menjelaskan, harga ayam potong di daerah itu naik dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, sebelumnya harga ayam potong sempat anjlok hingga menyentuh Rp25 ribu per kilogramnya.

"Kalau menjelang lebaran biasanya memang mengalami kenaikan paling sekitar Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per kilogramnya," ujar dia.

Rita menambahkan, untuk mengantisipasi kelangkaan ayam potong menjelang lebaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polres Belitung bahwa akan ada ayam petelur atau afkir yang akan diturunkan ke pasaran.

"Hasil rapat kami dengan satgas pangan nanti akan ada ayam afkir yang akan diturunkan di pasaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar dapat berbelanja kebutuhan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah dengan bijak.

"Kami juga imbau pedagang dan pembeli menggunakan masker ketika berbelanja dan saling menjaga jarak aman agar terhindar dari penularan virus COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020