Ratusan pedagang pasar di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti uji cepat virus corona baru (COVID-19).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Agus Sulistiadi di Tanjung Pandan, Sabtu, mengatakan uji cepat tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Tujuannya adalah memeriksa dan melihat penyebaran penyakit apakah sudah ada di pasar dan pedagang karena sebelumnya belum pernah kita lakukan," katanya.

Ia menjelaskan uji cepat tersebut dilakukan kepada para pedagang pasar, baik pedagang pasar dadakan menjelang Lebaran maupun pedagang daging dan ayam di pasar setempat.

Jika hasil uji cepat tersebut diketahui ada yang reaktif maka penatalaksanaan selanjutnya adalah dilakukan isolasi untuk pengambilan swab dan uji PCR.

"Kalau reaktif maka dilanjutkan isolasi dan kami ambil swab untuk di kirim ke Jakarta," ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya mendapatkan bantuan sebanyak 500 alat uji cepat dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pengujian di beberapa lokasi.

"Nanti juga akan kami salurkan kepada Rumah Sakit dan Puskesmas Badau untuk memeriksa para penumpang di pelabuhan Tanjung RU," katanya.

Dirinya mengapresiasi para pedagang yang telah kooperatif dan berpartisipasi dalam pelaksanaan uji cepat COVID-19 tersebut.

"Sebagian mereka bagus datang untuk memeriksakan diri walau mungkin sebagian sibuk dengan dagangannya," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020