Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus mengatakan, harga sejumlah bahan pangan pokok menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah di daerah itu masih stabil.

"Berdasarkan pantauan yang kami lakukan hari ini bersama Kapolres Bangka Barat dan sejumlah pejabat pemerintah daerah setempat, harga sembako relatif stabil dan persediaan di tingkat distributor maupun pedagang pengecer mencukupi," kata Bupati Markus di Mentok, Selasa.

Hal ini dikatakan Markus usai melakukan pemantauan persediaan berbagai bahan pangan pokok dan harga di sejumlah distributor dan pedagang di Pasar Mentok.

Ia menjelaskan, pemantauan langsung ke pasar dan distributor tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk memastikan harga kebutuhan pokok stabil dan sesuai dengan harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan.

"Saya pantau di tingkat pedagang, harga daging sapi masih normal masih dijual dengan di bawah harga eceran tertinggi, sedangkan gula pasir mengalami penurunan sekitar Rp2.000 karena saat ini ada yang menjual dengan harga sekitar Rp15.000 per kilogram," katanya.

Harga daging ayam potong di Pasar Mentok hari ini Rp32.000 per kilogram, harga tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp4.000 dari harga jual beberapa hari sebelumnya, selanjutnya untuk daging sapi segar dijual dengan harga tetap, yaitu Rp120.000 per kilogram.

"Memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti bawang merah, daging ayam, namun harga masih dalam batas kewajaran dan tidak melebihi HET yang ditetapkan," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya Pemkab Bangka Barat untuk mengendalikan harga menjelang hari raya keagamaan, biasanya digelar pasar murah yang menyediakan berbagai bahan kebutuhan pangan pokok dan daging yang digelar di seluruh desa dan kelurahan.

"Kami berharap harga yang ada saat ini bisa stabil sampai mendekati Idul Fitri sehingga tidak memberatkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020