Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan setempat menyediakan sebanyak 140 ribu batang karet yang dialokasikan pada petani melalui kelompok tani setempat.

Menurut Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka, Rojali, di Sungailiat, Selasa, bibit karet sebanyak 140 ribut batang tersebut bersumber dari dana APBD Kabupaten Bangka dan pemerintah pusat melalui pos APBN.

"Untuk bibit karet yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bangka sebanyak 30 ribu batang, sedangkan bibit karet yang bersumber dari APBN jumlahnya lebih banyak mencapai 110 ribu bantang," katanya.

Dikatakan, bibit karet yang disediakan tersebut disalurkan kepetani melalui kelompok tani yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Bangka.

"Sebelum disalurkan, kami akan terlebih dahulu melakukan survei di lapangan untuk mengetahui langsung apakah kelompok tani yang akan mendapat bantuan bibit karet tersebut benar-benar layak atau tidak mendapat bantuan, sehingga bantuan ini tepat sasaran," katanya.

Pengembangan sektor perkebunan, menurut dia, terus dikembangkan sebagaimana ditetapkannya sektor perkebunan merupakan salah satu sektor unggulan selain sektor unggulan lainnya.

"Sektor perkebunan telah ditetapkan menjadi sektor unggulan oleh pemerintah daerah selain sektor unggulan lainnya di sub bidang pertanian lainnya, dengan harapan kedepannya sektor ini mampu meningkatkan konstribusi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.    
    
Selain penyaluran bantuan pembibitan, karet kata dia, sarana infrastruktur untuk mendukung pembangunan sektor perkebunan juga dilakukan dengan membangun akses jalan usaha produksi sepanjang 5,8 kilometer yang berada di tiga tempat.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014