PT Pos Indonesia Pangkalpinang mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua dari Kementerian Sosial RI untuk warga di lima kabuapetn kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepada ANTARA di Pangkalpinang, Kamis, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang Azmat Nurul Pasa, mengatakan, penyaluran itu dilakukan untuk warga yang ada di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, dan Bangka Selatan.

"Bantuan tahap 2 sudah dimulai dari tanggal 4 Juni 2020," katanya.

Menurut Azmat, berdasarkan kuota yang ditetapkan Kementerian Sosial RI, tercatat adanya 43.900 keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai penerima BLT di Bangka Belitung untuk tahap pertama. Sedangkan di Pulau Bangka jumlahnya 34.500 KPM.

Adapun untuk tahap kedua, jumlahnya 44.100 KPM yang 34.800 di Pulau Bangka disalurkan Kantor Pos Pangkalpinang. Sedangkan 9.300 KPM lagi di Pulau Belitung disalurkan Kantor Pos Tanjung Pandan.

Untuk penyaluran tahap pertama, Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang telah menyerahkannya kepada 90 persen lebih KPM yang tercatat.

Data tersebut diluar dari data ganda, penerima yang sudah pindah tempat tinggal, meninggal dunia tanpa ahli waris, mau pun KPM yang sudah mendapat bantuan lain.

Bagi warga yang belum mengambil bantuan tersebut diharap untuk segera mengambilnya di kantor pos terdekat dengan syaratnya yang cukup mudah.

Ia mencontohkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga asli beserta fotokopinya. "Nanti petugas kantor pos akan mencocokkan dengan daftar penerima bantuan sosial. Jika cocok maka akan kita bayarkan," katanya.

Warga yang mengambil bantuan tahap 1 di kantor pos bisa langsung mengambil sekaligus bantuan tahap kedua.

Bahkan jika ada warga yang berkebutuhan khusus seperti berusia lanjut, cacat, sakit keras, atau kondisi lain yang menghalangi sehingga tidak dapat datang mengambil BST, maka petugas dari kantor pos akan mendatangi ke rumah yang bersangkutan menyerahkan bantuan tersebut.

"Kita bekerja sama dengan tiap pemerintah daerah termasuk dinas sosial, kecamatan, kelurahan dan PSM (pendamping sosial masyarakat) setempat untuk menyukseskan penyaluran bantuan sosial ini," ujar Azmat.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020