Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama tipe D di Desa Sungkap, Kecamatan Simpangkatis.

"Pembangunannya sudah mulai berjalan sejak Mei 2020, namun baru menggunakan lahan seluas 2,7 hektare karena dibangun secara bertahap," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan RS Pratama itu sejak 2018 dan baru 2020 bisa direalisasikan karena terkendala penyiapan anggaran yang cukup besar.

"Sumber dananya berasal dari DAK fisik 2020 dan pembangunan rumah sakit ini sangat penting untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, Rumah Sakit Pratama ini dapat memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan terutama warga di tiga kecamatan yaitu Namang, Simpangkatis dan Kecamatan Sungaiselan.

"Saya berharap keberadaan RS Pratama ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan medis di "Negeri Selawang Segantang" ini," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar mengatakan RS Pratama ini merupakan rumah sakit penyangga RSUD Bangka Tengah dalam rangka memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Selama ini masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sungaiselan, Namang dan Simpangkatis datang berobat ke RSUD namun nanti pelayanan medis sudah bisa dilakukan di RS Pratama," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan RS Pratama memang sudah menjadi rencana sejak lama namun baru sekarang bakal terealisasi karena terkendala anggaran.

"Rumah Sakit Pratama ini juga memperkuat pelayanan di wilayah kecamatan yang selama ini Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan medis," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020