Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkot Pangkalpinang melakukan Road swab Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19 di pusat perbelanjaan Bangka Trade Center (BTC) guna memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

"Dalam kegiatan ini 20 orang baik itu karyawan BTC maupun pedagang yang berjualan di BTC dilakukan tes swab. Tes ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkot Pangkalpinang, Masagus Hakim, Sabtu. 

Ia mengatakan, kegiatan road swab PCR COVID-19 ini nantinya akan dilakukan selama 35 hari dan ini dilaksanakan di wilayah yang berbeda.

"Untuk kali ini kita laksanakan di basemant BTC Kota Pangkalpinang dengan target 20 orang dilakukan swab," katanya.

Dalam proses pelaksanaan tes swab tersebut, pihaknya mengambil lima orang karyawan dan 15 pedagang di BTC untuk dilakukan swab. 

"Itu dipilih secara random terutama karyawan ataupun pedagang yang tidak menggunakan masker," katanya. 

Saat ini, pihaknya belum bisa melakukan tes swab secara menyeluruh dikarenakan keterbatasan dari alat PCR yang dimiliki. Namun jika dilihat dari pemetaanya kemungkinan ada yang positif COVID-19 otomatis untuk alat itu ada penambahan.

"Saat ini untuk ketersediaan alat ini sebanyak kurang lebih 700 pcs" katanya.

Ia mengatakan, dari 35 titik yang sudah dijadwalkan, pelaksanaan road swab PCR COVID-19 bukan hanya dilakukan di tempat keramaian, namun juga akan dilakukan di Bank di wilayah Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020