Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melantik anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di seluruh kecamatan yang akan bertugas mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

"Hari ini seluruh anggota PKD yang berjumlah 66 orang dilantik di kecamatan masing-masing menggunakan tata cara pelantikan konvensional," kata anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Ekariva Annas Asmara di Mentok, Senin.

Ia mengatakan proses pelantikan masih menggunakan tata cara pelantikan konvensional karena masih adanya keterbatasan fasilitas pendukung untuk menggelar pelantikan virtual.

"Tidak seluruh daerah ini memiliki jaringan internet yang kuat sehingga kami masih melakukan kegiatan pelantikan secara konvensional, namun tetap mengedepankan aturan atau protokol kesehatan yang berlaku guna mencegah penularan virus corona atau COVID-19," katanya.

Selanjutnya para anggota PKD tersebut akan segera melakukan tugas dan fungsinya dalam mengawal sejumlah tahapan Pilkada 2020 yang sedang dilakukan KPU.

Sebagai tahap awal, pihaknya akan melakukan pendampingan terhadap tahapan pendataan dan pemutakhiran data pemilih yang sedang dilaksanakan KPU.

Dengan kesiapan PKD dan petugas Panitia Pengawas Kecamatan yang saat ini sudah mulai aktif, pihaknya segera melakukan tugas dan fungsi dalam mengawal berbagai tahapan proses demokrasi di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020