Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan keterampilan para petugas pendata pemilih di tingkat kecamatan dan desa sebagai persiapan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Pendataan dari tingkat kelurahan dan desa harus dilakukan secara teliti dan cocok, sesuai nama dan tempat tinggal pemilih, untuk itu para petugas harus memahami tugas dan teliti dalam memasukkan data sesuai format dan ketentuan," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Mentok, Selasa.

Untuk menyukseskan pendataan awal tersebut, pihaknya secara bertahap telah melaksanakan bimbingan teknis kepada para petugas agar menguasai permasalahan pemutakhiran data pemilih, mulai dari pendataan dari rumah ke rumah hingga proses memasukkan data ke dalam aplikasi yang sudah disediakan.

"Hari ini kami laksanakan bimbingan teknis kepada para petugas di Kecamatan Parittiga, pelatihan ini akan terus berlanjut di seluruh kecamatan, nanti mereka yang akan melatih para petugas di wilayah kerja masing-masing," kata dia.

Pelatihan atau bimbingan teknis dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka Barat kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pelatihan diberikan dengan materi tata cara pengisian data pemilih, pencocokan dan penelitian dan selanjutnya akan diberikan kepada para petugas pemutakhiran data pemilih di masing-masing kelurahan dan desa.

Menurut dia, ketelitian dalam menjalankan tugas pendataan dan tata cara memasukkan data ke dalam format yang disediakan menjadi kunci utama kevalidan data yang dihasilkan.

"Dalam tahapan pemutakhiran data ini membutuhkan ketelitian karena cukup banyak dokumen yang dikerjakan, mulai dari pendataan manual di lapangan sesuai nama dan alamat, rekapitulasi, hingga menghasilkan daftar pemilih hasil pemutakhiran," katanya.

Pembekalan kepada para anggota PPS, PPK dan operator merupakan langkah awal sebelum dilakukan pengisian data pemilih.

"Para petugas tersebut sebelumnya harus dikuatkan keterampilan dan pemahamannya agar menghasilkan data hasil pencocokan dan penelitian benar-benar valid untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020