Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2021 merencanakan pembangunan talud di sepanjang Pantai Serdang untuk mengatasi abrasi.

"Pembangunan talud ini sudah diusulkan awal 2020, namun belum disetujui dan baru bisa dilaksanakan pada 2021," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Belitung Timur Sumarno di Manggar, Rabu.

Selain Pantai Mudong dan Serdang, Dinas PUPR setempat juga mengajukan usulan pembuatan talud untuk mengatasi abrasi di Kulong Minyak dan Kolong Teratai Manggar, serta Pantai Pering Kelapa Kampit.

"Memang tahun ini banyak kegiatan yang ditunda lantaran COVID-19, tahun depan sejumlah kegiatan fisik sudah mulai berjalan," ujarnya.

Ia mengakui pembangunan talud dan pemecah gelombang hanya mengandalkan APBD Kabupaten Belitun Timur, hasilnya akan kurang optimal mengingat terbatasnya anggaran.

"Harus pakai dana APBN di Kementerian PU kan miliaran itu butuhnya. Jadi walau mereka sedikit-sedikit pengerjaannya tapi dapat dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan talud membutuhkan anggaran cukup besar dan pengerjaannya kemungkinan secara bertahap.

"Pembangunan talud ini sangat mendesak untuk pemecah ombak dan menghindari abrasi pantai," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020