Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Webbinar Pemilu Kepala Daerah sebagai bentuk kepedulian Organisasi mahasiswa tersebut terhadap pelaksanaan pemilukada selama pandemi COVID-19.

Kegiatan Webbinar yang dilaksanakan pada hari ini di Tan Kasteel Kota Pangkalpinang tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di Babel yaitu, Wakapolda Babel Brigjen Pol Umardani, Karo Ops Polda Babel Kombes Pol. Sihar Matagu Manurung, Ketua KPU Bangka Belitung Davitri, Ketua Bawaslu Bangka Belitung Edi Irawan, Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa, Rektor UBB Ibrahim dan Akademisi STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bambang Ari Satria.  

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Dir Intelkam Polda Babel Kombes Pol Daniel Victor Tobing dan AKBP Aris Sulistyono selaku Wadir Intelkam Polda Babel.

Ketua HMI Babel, rizqi khulafatu shaidqi mengatakan selaku organisasi mahasiswa pihaknya siap mendukung pelaksanaan Pemilukada di Provinsi Kepulauan Babel selama pandemik COVID-19.

"Pentingnya mendukung pelaksanaan pemilukada selama pandemik COVID-19 dan HMI siap mendukung pelaksanaan Pemilukada di Babel agar bisa berjalan dengan sukses," ujar Rizqi.

Wakapolda Babel, Brigjen Pol Umardani mengatakan untuk menyukseskan Pemilukada di empat kabupaten tersebut, Polri akan melakukan imbauan terkait protokol kesehatan terhadap masyarakat yang akan memberikan hak suaranya.

Sementara Tim Gugus Tugas Penangan COVID-19 Provinsi Babel akan selaku bersenergi dengan pemangku kepentingan pelaksana Pemilu terkait dengan SOP Protokol COVD-19 sehingga pelaksanaan pesta demokrasi itu bisa berjalan dengan lancar.

Begitu juga dengan Bawaslu Babel akan senantiasa melaksanakan pengawasan di empat Kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Babel dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Menurut Rektor UBB Ibrahim, Pemilukada merupakan pesta demokrasi, namun pesta demokrasi tahun 2020 bukan seperti biasa pada umumnya, karena tahun ini merupakan tahun yang terberat dalam pelaksanaan pesta demokrasi khususnya di Babel.

"Peran masyarakat dalam ikut serta menyukseskan Pemilukada di empat Kabupaten merupakan peran penting, dikarenakan suksesnya pesta demokrasi dinilai dari antusias masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020