Satlantas Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu dengan berbagai program kegiatan.

 Kapolres Bangka,  AKBP Widi Haryawan melalui Kasatlantas Iptu Nanang Suwardi di Sungailiat, Kamis, mengatakan upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu dimulai dari sosialisasi pemahaman aturan berlalu lintas kepada masyarakat sampai dengan penindakan pelanggaran disiplin berlalu lintas.

Dia mengatakan, upaya lain yang dilakukannya dengan menerjunkan sejumlah personel lalu lintas untuk mengatur kendaraan di jalan raya terutama pada saat jam masuk kerja, dimana saat itu terjadi volume arus kendaraan cukup tinggi.

"Angka kecelakaan lalu lintas yang mencapai 36 kejadian dengan 11 orang meninggal dunia, 10 kasus luka ringan tersebut harus bersama-sama kita tekan dengan cara meningkatkan disiplin bekendaraan," katanya.

Dari 36 kejadian kecelakaan lalu lintas itu kata dia, diketahui sebanyak 19 kejadian merupakan kecelakaan tunggal dengan nilai kerugian mencapai lebih dari Rp30 juta.

"Kita berharap angka kecelakaan mengalami penurunan dengan peran aktif masyarakat bersama-sama mematuhi aturan berlalu lintas," kata Nanang Suwardi.

Khusus bagi orang tua kata dia, hendaknya jangan mempercayakan anaknya yang masih dibawah umur untuk mengendarai kendaraan, karena selain melanggar ketentuan juga perpotensi terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Satlantas Bangka terbitkan 5.988 SIM

Baca juga: Kapolres Bangka ajak masyarakat disiplin berlalulintas (Video)

Baca juga: Wakapolres Bangka ingatkan personel polisi tingkatkan edukasi pencegahan COVID-19

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020