Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melibatkan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) wilayah itu untuk melakukan kajian unsur hara sektor pertanian.

Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa mengatakan, pihak BPPT akan turun kelapangan melakukan kajian lahan pertanian membantu petani agar dapat menggarap sawahnya sesuai dengan kandungan unsur hara.

"Pihak BPPT nantinya akan memberikan rekomendasi dari hasil kajiannya kepada pemerintah atau langsung ke petani  untuk menyesuaikan jenis tanaman," katanya.

Bupati mengakui, masih terdapat sejumlah petani di daerahnya yang memerlukan pembinaan dalam menentukan tanaman yang disesuaikan dengan kesuburan tanah.

Baca juga: Pemkab Bangka usulkan sertifikat lahan sebanyak 1.750 bidang

"Area pertanian di Kabupaten Bangka cukup luas baik yang sudah digarap oleh petani maupun lahan yang ditetapkan sebagai kawasan pertanian," kata bupati.

Dia mengatakan, lahan bekas tambang biji timah yang tersedia untuk pertanian mencapai 500 hektar lebih dan baru dimanfaatkan seluas delapan hektar.

"Saya berharap, dengan terlibatnya lembaga BPPT tersebut kedepannya dapat meningkatkan mutu dan produksi hasil pertanian masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020