Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggratiskan rapid test kepada seluruh mahasiswa dan pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di luar daerah.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Basel, Achmad Ansyori di Toboali, Selasa mengatakan bahwa, kebijakan dimuat berdasarkan adanya permohonan mahasiswa yang mengharapkan keringanan biaya rapid test.

"Rapit tes gratis ini dilaksanakan guna menindaklanjuti adanya permohonan mahasiswa minta meringankan biaya rapid, kemudian kita buat kebijakan mentiadakan biaya rapid alias gratis bagi mahasiswa dan pelajar karena memang mengingat kondisi perekonomian masyarakat ditengah pandemi COVID-19 ini," kata dia.

Selain itu, Kebijakan rapid gratis dilakukan dengan tujuan  meringankan beban perekonomian orang tua  mahasiswa dan pelajar di tengah pandemi COVID-19. Lantas, rapid test sebagai syarat mahasiswa dan pelajar untuk menuju ketempat menimba ilmu di luar pulau Bangka.

Tidak hanya itu Ansyori mengatakan Pemkab Basel telah mengeluarkan surat edaran Nomor:823/1233.0/DKPPKB/2020 Tentang  Pemeriksaan Rapid Test Gratis yang ditandatangani oleh dirinya sebagai Pj Sekda Basel.

Adapun persyaratan sebagaimana surat edaran tersebut cukup fotocopy kartu tanda penduduk, fotocopy kartu mahasiswa/pelajar, dan fotocopy keluarga. Dan teknis rapid dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan milik Pemkab Basel.

"Sesuai surat edaran pelaksanaan diseluruh fasilitas kesehatan di masing-masing wilayah sesuai surat edaran agar tidak memberatkan, jadi silahkan ambil yang terdekat," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020