Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima dana hibah pengawasan pilkada serentak di empat kabupaten sebesar Rp27 miliar lebih sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman, jujur, dan adil.

"Alhamdulillah, kami sudah menerima dana hibah dari empat pemerintah kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020," kata Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel Edi Irawan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dana hibah pengawasan pilkada di tengah pendemi COVID-19 ini tidak mengalami pergeseran atau pengalihan anggaran untuk penanganan virus corona, artinya dukungan pemerintah daerah untuk memfasilitasi pelaksanaan pengawasan tahapan pilkada ini sangat tinggi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah berupaya maksimal memberikan dana hibah pelaksanaan pengawasan pilkada di empat kabupaten ini, yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Babel aktifkan kembali ratusan pengawas pilkada

Ia menjelaskan total dana hibah pelaksanaan pengawasan sebesar Rp27 miliar lebih ini berasal dari empat kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak yaitu Bangka Selatan sebesar Rp7,2 miliar, Bangka Tengah Rp8,3 miliar, Bangka Barat Rp5,78 miliar, dan Belitung Timur Rp5,9 miliar.

"Dana hibah ini akan digunakan pengawas di kabupaten untuk membantu dan memfasilitasi pemerintah daerah dalam pengawasan pesta demokrasi di tengah pendemi COVID-19 ini," katanya.

Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengimbau masyarakat untuk menyalurkan pilihan sesuai dengan hati nurani, jiwa, perasaan dan jujur serta ikhlas.

"Kami mengimbau masyarakat tidak terpengaruh dengan politik uang, kampanye hitam untuk menentukan pilihan pada pesta demokrasi nanti," katanya.

Ia mengatakan dalam mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas dan kondusif, Polda telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pemerintah kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020.

"Kami bersama Bawaslu telah menyamakan pola pikir, visi misi, dan pola penindakan dalam rangka menghadapi pilkada tahun ini yang akan digelar di empat kabupaten pada 9 Desember 2020," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020