Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di daerah itu merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tanpa sampah.

"Kami mengajak masyarakat Belitung terutama panitia hewan kurban menggunakan sarana dan prasarana ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, selain menggunakan wadah ramah lingkungan dirinya juga mengajak masyarakat dan panitia hewan kurban ketika mendistribusikan hewan kurban menghindari kemasan praktis yang berbahan baku plastik.

Menurutnya, Bupati Belitung telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 658.1/741/DLH/II.1/2020 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah di Kabupaten Belitung Tanpa Sampah.

"Jadi, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dapat tetap ramah lingkungan dan tanpa sampah," ujarnya.

Untuk mengurangi sampah plastik, masyarakat dan panitia hewan kurban diminta tidak menggunakan kantong plastik, masyarakat diimbau menggunakan wadah sendiri yang dapat digunakan secara ulang untuk mewadahi daging kurban.

"Dapat menggunakan wadah daun simpur, daun pisang atau anyaman dari bambu yaitu besek atau wadah lain sebagai alternatif wadah daging kurban," katanya.

Selain itu, masyarakat dan panitia hewan kurban dapat menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpilah di lokasi pembagian daging kurban.

Kemudian menyiapkan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai kampanye dan edukasi publik untuk mengurangi sampah plastik.

"Tim dari Satgas Lebah DLH Belitung pada hari pelaksanaan akan berkeliling memantau untuk saat ini kami sedang sosialisasi ke masjid-masjid agar merayakan hari Raya Idul Adha tanpa sampah," ujarnya.*

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020