Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung lancarnya penyelenggaraan Launching Car Free Day (CFD) dengan bersepeda (gowes), sebagai rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-75, atas usulan komunitas sepeda yang ada di Bangka Belitung.

"Launching CFD ini rencananya akan digelar pada hari Minggu, 16 Agustus 2020 mendatang," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Babel, Rinaldy mewakili Kepala Dinas Perhubungan Babel K.A. Tajuddin, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, pelaksanaan Launching Car Free Day (CFD) yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  ini, Dinas Perhubungan Babel  ditugaskan dalam pengaturan lalu lintas di sepanjang trek sepeda yang akan dilalui pesepeda.

"Dinas Perhubungan Babel telah melakukan koordinasi terkait dalam pengaturan lalulintas jalan yang dilalui trek bersepeda tersebut bekerjasama Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Babel selaku leading sector, Satuan Pamong Praja Babel, Polda Babel serta Polres Pangkalpinang," ujarnya.

Dengan adanya pelaksanaan Launching Car Free Day (CFD) minggu mendatang, pesepeda yang ikut memeriahkan Peringatan HUT RI yang ke -75 tersebut dapat melalui trek yang telah ditetapkan panitia penyelenggara dengan lancar.

"Dinas Perhubungan akan membantu lancarnya perjalanan pesepeda (gowes) yang melintasi jalur trek yang ditetapkan," ujarnya.

Rinaldy berharap kepada para pesepeda yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut untuk menjalankan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaaan baru (new normal).  

"Diharapkan kepada para peserta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, membawa hand sanitizer, serta jaga jarak," ujarnya.

Lokasi pelaksanaan Car Free Day (CFD) mendatang difokuskan di Kawasan Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan trek yang sudah di buat oleh Panitia pelaksana .

Direncanakan start dimulai dari Bhayangkara Park (Bhaypark) Polda Bangka Belitung belok kanan simpang Berejo Galo, belok kiri menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda Babel, dilanjutkan ke Jalan Pulau Lepar.

Dari Jalan Pulau Lepar belok kiri Jalan Pulau Pongok dilanjutkan ke Jalan Pulau Bangka Arah Utara, selanjutnya belok kiri Jalan Pulau Belitung terus belok kanan Jalan Pulau Mendanau.

Setelah itu belok kanan Jalan Pulau Batu Diding, lalu menuju Jalan Pulau Bangka Arah Utara lalu balik arah Jalan Simpang Bandara, kemudian melalui Jalan Pulau Bangka Arah Selatan dan titik finish di Bhayangkara Park Bangka Belitung Polda Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020