Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin memberikan apresiasi dibukannya wisata rekreasi pantai Batu Berakit oleh Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung (KKN UBB) angkatan XV Tahun 2020  di Kelurahan Matras.

"Saya memberikan apresiasi penuh kegiatan tim KKN UBB angkatan XV 2020 yang berinisiasi mempromosikan sektor kepariwisataan dengan membuka wisata rekreasi pantai Batu Berakit guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," katanya di Sungailiat, Minggu.

Dikatakan, potensi sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Bangka cukup banyak tersebar hampir merata di seluruh wilayah kecamatan, namun belum semuanya maksimal dikembangkan.

"Dengan adanya mahasiwa KKN ini salah satunya dapat mendorong dan menggali potensi wisata, mahasiswa dapat memanfaatkan jaringan media sosial dalam membantu mempromosikannya," jelas wabup.

Pemerintah Kabupaten Bangka kata wabup, siap memberikan dukungan demi memajukan pariwisata. Sinergi dengan berbagai pihak juga perlu dilakukan sebagai upaya guna mewujudkan Kabupaten Bangka sebagai gerbang pariwisata Internasional.

Ketua KKN UBB Kelurahan Matras, Orie Fachridho Hermawan mengatakan, dibukanya objek wisata rekreasi di Pantai Batu Berakit untuk mengangkat salah satu potensi yang dimiliki oleh wilayah kelurahan Matras agar masyarakat sekitar bisa sadar dengan adanya kawasan yang bisa memberikan pertumbuhan ekonomi  untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Wisata rekreasi merupakan salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia yang  khas dipenuhi untuk memberikan keseimbangan, keserasian, ketenangan dan kegairahan hidup, dimana rekreasi alam atau wisata  alam  adalah salah satu bentuk pemanfaatan sumberdaya alam yang berlandaskan atas prinsip kelestarian alam.

"Sektor kepariwisataan memberikan harapan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkelanjukan, berbeda dengan sektor pertambangan biji timah yang semakin lama akan habis begitu pula sektor kehutanan yang banyak terbakar," jelasnya.

Dia mengatakan, dirinya bersama dengan teman KKN UBB angkatan XV sengaja membuka wisata rekreasi di Pantai Batu Berakit dengan harapan kedepannya menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

"Saya berharap, di Pantai Batu Berakit dapat dijaga dan dikelola dengan baik oleh masyarakat di keluargan Matras dengan sistem dan aturan yang disesuaikan," ujarnya.

Sementara Lurah Matras, Ridwan mendukung penuh dan bersinergi bersama atas kinerja program KKN UBB angkatan XV tahun 2020 di wilayah kelurahannya.

"Saya mendukung penuh kegiatan yang dilakukan tim KKN mahasiswa UBB di kelurahan Matras, dan harapannya ilmu yang diberikan peserta KKN dapat diaplikasikan masyarakat guna kepentingan peningkatan kesejahteraan serta menjadi tolak ukur keberhasilan peserta KKN saat terjun di tengah masyarakat," kata Ridwan.



 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020