Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi sistem pengamanan wilayah perkotaan untuk menguatkan keterampilan personel yang akan terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Latihan dan simulasi terus kami lakukan, terutama kepada para personel yang akan terlibat langsung di lapangan saat menjalankan tugas pengamanan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, pola latihan dan simulasi langsung dengan melibatkan para personel lintas satuan rutin digelar sebanyak dua kali dalam satu minggu dan sudah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir.

Latihan dan simulasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para personel agar semakin siap menjalan tugas dan peran masing-masing dalam rencana pengamanan.

Menurut dia, situasi terburuk dalam setiap tahapan Pilkada harus tetap dipikirkan dan dicarikan cara penanganan agar situasi tetap kondusif, aman, tertib dan nyaman tetap terjaga untuk kenyamanan masyarakat.

Kapolres mengimbau seluruh personel yang terlibat untuk bersungguh-sungguh agar semakin siap menjalankan tugas dan peran dengan baik.

"Setiap pertemuan, para personel terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan, mereka semakin siap dan mantap, terampil, terasah dan kompak dalam menjalankan tugas dan peran masing-masing," kata dia.

Dengan adanya latihan dan simulasi rutin yang dilaksanakan diharapkan para personel semakin mumpuni dan siap diterjunkan setiap saat dibutuhkan.

Selain menyiapkan personel yang akan terlibat dalam pengamanan Pilkada 2020, Polres Bangka Barat juga terus melakukan pemantauan situasi perkembangan kamtibmas di daerah itu sebagai bentuk deteksi awal kemungkinan terjadinya kerawanan agar cepat ditangani.

"Kami juga berharap peran serta aktif masyarakat untuk ikut membantu menjaga situasi terjaga kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2020, jangan mudah terprovokasi dan jaga silaturahim dengan warga di sekitar," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020