Dua petugas Aviation Security atau pengamanan di bandara internasional H.AS. Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berinisial, PAS (24) dan HR (33) terkonfirmasi positif COVID-19.

"Berdasarkan pemeriksaan PCR di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Tanggal 22 Agustus 2020 dan dinyatakan terkonfirmasi Positif COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, PAS (24) dan HR (33) adalah dua orang laki-laki berprofesi sebagai Aviation Security (Avsec) atau yang bertugas menjaga dan menjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa penerbangan di Bandara H. AS Hanandjoedin, Belitung.

"Mereka juga tinggal di tempat kos yang sama yakni di Desa Lesung Batang," katanya.

Sahani menjelaskan, pada Tanggal 19 Agustus terhadap kedua pasien telah dilakukan pengambilan swab pertama dan selanjitnya dilakukan pengambilan swab kedua pada tanggal 20 Agustus.

Setelah itu, lanjut Sahani, dilakukan pemeriksaan PCR di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Tanggal 22 Agustus dan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Pada saat ini kedua pasien tersebut sudah menjalani karantina di SKB Belitung," ujarnya.

Dengan demikian, sejauh ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu mencapai 26 orang dan 22 orang telah dinyatakan sembuh.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat di daerah itu agar tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Jangan lupa pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan jangan suka berkerumun. Tingkatkan kewaspadaan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan," katanya.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020