Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 35 kasus baru penyakit HIV/AIDS.

"Dalam kurun waktu tiga tahun ini terdapat 35 kasus baru penyakit HIV/AIDS dan kasus ini seperti fenomena gunung es," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan temuan kasus yang ada lebih sedikit dari kondisi yang sesungguhnya terjadi di lapangan karena kebanyakan penderita tertutup terhadap penyakit yang menimpanya.

"Justeru itu, diharapkan semua lapisan masyarakat mulai dari para pemangku kepentingan sampai dengan masyarakat dapat berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah terus berupaya mencegah dan menanggulangi penyakit HIV/AIDS dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami juga membagikan media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) berupa leaflet dan souvenir tentang HIV/AIDS kepada ASN di Pemkab Bangka Tengah," ujarnya.

Pembagian media KIE digunakan untuk mengedukasi masyarakat, baik kalangan masyarakat umum, pekerja swasta maupun Aparatur Sipil Negara.

"Ini dilakukan karena penularan HIV/AIDS tidak mengenal usia dan kalangan masyarakat, siapa saja bisa tertular," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020