Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada seluruh anggota pengawas yang akan menjalankan tugas pengawasan Pilkada 2020 di daerah itu.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergisitas antara Bawaslu Kabupaten Bangka Barat dengan Kepolisian guna mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi di Mentok, Jumat.

Menurut dia, pembuatan SIM bagi para pemantau Pilkada sangat dibutuhkan untuk kelengkapan petugas karena mereka memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan tugas pengawasan.

"Dengan kegiatan fasilitasi ini kami memberikan apresiasi kepada Polres Bangka Barat, khususnya kepada Satlantas karena ada sejumlah petugas pengawas yang belum memiliki SIM atau belum diperpanjang," katanya.

Dengan adanya fasilitasi pembuatan SIM diharapkan juga diiringi dengan meningkatnya kesadaran para petugas dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

Dukungan dari Polres Bangka Barat tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para petugas pengawas pemilu dan para pegawai sekretariat, mulai dari jajaran Bawaslu kabupaten hingga para petugas yang berada di seluruh kecamatan.

"Pada kegiatan ini sebanyak 68 orang petugas pengawas yang memanfaatkan kesempatan mendapatkan SIM, baik SIM A maupun SIM C," katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah menyatakan siap mendukung Bawaslu dalam hal kegiatan yang bersifat pengawasan, pencegahan dan penindakan apabila terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Ia mengatakan, saat ini sudah akan memasuki tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon sehingga intensitas pengawasan akan semakin meningkat.

"Bawaslu bersama Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Polres Bangka Barat dan Kejaksaan Negeri juga akan meningkatkan kegiatan pengawasan, dalam hal ini terkait patroli cyber di media dalam jaringan (Daring) maupun media sosial," katanya.

Selain itu, Polres Bangka Barat juga akan terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam Sentra Gakkumdu agar semakin siap mengawal pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada 2020 agar berjalan dengan lancar, aman damai dan sejuk.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020