Pangkalpinang, (Antara Babel) - Rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Desember 2012 selama 1,91 hari atau turun 0,33 hari dibanding November 2012 yaitu selama 2,24 hari.

"Penurunan ini terjadi kemungkinan karena pengunjung atau wisatawan yang datang ke Babel tidak menginap di hotel melainkan memiliki saudara, sehingga mereka tidak terdata menginap di hotel," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Babel, Teguh Pramono di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, secara umum rata-rata lama menginap tamu asing pada Desember 2012 lebih pendek 0,1 hari dibandingkan dengan tamu Indonesia, yaitu masing-masing 1,81 hari untuk tamu asing dan 1,91 hari untuk tamu Indonesia.

Sedangkan pada November 2012 rata-rata lama menginap tamu asing lebih panjang 0,25 hari dibandingkan tamu Indonesia, yaitu masing-masing 2,49 hari untuk tamu asing dan 2,24 hari untuk tamu Indonesia.

"Hal ini terjadi karena wisatawan atau tamu hotel Indonesia yang ada pada Desember 2012 merupakan wisatawan konvensional yaitu yang merupakan peserta pelatihan atau diklat yang banyak diselenggarakan di hotel berbintang dan hanya untuk occasional seperti natal dan tahun baru," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang baik asing maupun Indonesia terlama terjadi di hotel berbintang yang terletak di Kota Pangkalpinang yaitu 2,14 hari dengan rata-rata lama menginap tamu asing lebih panjang 0,86 hari dibandingkan dengan tamu Indonesia yaitu masing-masing 3 hari untuk tamu asing dan 2,14 hari untuk tamu Indonesia.

Sedangkan rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang  baik asing maupun Indonesia yang terpendek terjadi pada hotel berbintang di Kabupaten Belitung yaitu 1,75 hari dengan rata-rata lama menginap tamu asing lebih pendek 0,34 hari dibandingkan dengan tamu Indonesia yaitu masing-masing 1,41 hari untuk tamu asing dan 1,75 hari untuk tamu Indonesia.

Pewarta:

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013