Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu daerah setempat melakukan kerja sama sebagai upaya antisipasi potensi gangguan kamtibmas selama tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Kami berharap kerja sama ini bisa menyatukan langkah dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2020 damai sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan seperti biasa," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Selasa.

Menurut dia, kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Polres Bangka Barat dengan KPU Kabupaten Bangka Barat dan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat tersebut merupakan sebuah momentum awal komitmen bersama dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

"Kami siap mendukung Pilkada ini dengan menyiapkan personel pengamanan baik di tingkat Polres maupun Polsek jajaran, kami berharap masyarakat juga ikut berperan aktif dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif," katanya.

Menurut dia, rangkaian pengamanan Pilkada 2020 tidak hanya dilaksanakan menjelang pelaksanaan pemungutan suara, namun hingga akhir tahapan Pilkada 2020 yaitu hingga pelantikan kepala daerah terpilih.

Pada kegiatan itu, Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat, Pardi, memberikan apresiasi terhadap berbagai langkah yang sudah diambil Polres Bangka Barat dalam persiapan pengamanan Pilkada 2020.

"Berbagai persiapan sudah dilakukan, baik dalam koordinasi, komunikasi maupun kesiapan personel, kami berharap dan akan terus berusaha untuk bersama-sama menciptakan pemilu damai," katanya.

Ia mengajak seluruh peserta Pilkada 2020 untuk mendukung upaya tersebut dengan menaati berbagai aturan yang sudah ditetapkan guna mewujudkan pemilu yang berintegritas dan demokratis.

Hal serupa dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi yang mendorong masyarakat untuk proaktif dalam mengawasi berbagai tahapan pelaksanaan pemilu yang saat ini sedang berlangsung.

Selain aktif dalam memantau dan mengawasi pelaksanaan tahapan pilkada, di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini Rio Fabri juga mengajak masyarakat, petugas keamanan, penyelenggara dan pengawas untuk selalu mengedepankan aturan kesehatan sesaui instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus.

"Tetap lakukan protokol kesehatan sesuai aturan dan mari kita jaga bersama agar Pilkada 2020 berjalan aman, damai dan sehat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020