Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta pemerintah daerah setempat untuk efektif penggunaan APBD perubahan 2020 guna mengoptimalkan pemanfaatan demi kepentingan masyarakat.

"Kami fraksi Hanura minta kepada pemerintah daerah untuk efektif dan efisien menggunakan anggaran dana tersebut agar tepat sasaran," kata Sekretaris Fraksi Hanura DPRD Kabupaten Belitung, Mahyudin di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, APBD merupakan uang rakyat dan sudah seharusnya digunakan demi kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Belitung.

"Rancangan APBD harusnya untuk program-program yang dapat dinikmati langsung sehingga masyarakat harus memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses bersama manfaat 'output' dari suatu program," ujarnya.

Baca juga: DPRD Belitung bentuk pansus penanganan COVID-19

Ia menambahkan anggaran daerah juga harus diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya serta meningkatkan aktivitas perekonomian.

Dengan demikian, dirinya mendorong agar Pemkab Belitung dapat fokus pada pelaksanaan program yang akan menghidupkan kembali pemulihan ekonomi dan mendorong konsumsi masyarakat akibat dampak pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Kami harapkan Pemerintah Daerah juga dapat menekan besaran SILPA di akhir tahun anggaran 2020 agar tidak terjadi pemubaziran anggaran belanja yang telah di rencanakan sebelumnya," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020